Kopi Aroma: Kopinya Urang Bandung

Jika anda berjalan jalan ke bandung, tak lengkap rasanya jika tidak membawa kopi aroma sebagai oleh oleh.  Terlebih jika anda pecinta kopi.  Sepertinya kesempatan untuk membawa pulang kopi legendaris dari Bandung ini sangat sayang untuk dilewatkan.  Tapi kenapa harus kopi Aroma?  Ini dia yang membuat kopi aroma sangat istimewa.

kopi aroma
Foto via kopiaroma.co.id
  • KOPI JADUL

    Kopi aroma merupakan salah satu pabrik pengolahan kopi tertua di Bandung.  Pabrik yang bernama lengkap Koffie Fabriek Aroma berdiri sejak tahun 1930an.  Kini pabrik ini dijalankan oleh generasi kedua.

     

  • CITARASA YANG SAMA

    Pengolahan kopi ini masih menggunakan teknik tradisional, seperti yang biasa dilakukan oleh pendirinya dulu, Tan Houw Sian. Kayu pohon karet masih digunakan sebagai bahan bakar penyangraian biji kopi.  Aroma kayu bakar ini ternyata memberikan aroma tersendiri pada kopi yang diproduksi.  Pabrik ini juga masih menggunakan mesin sangrai kopi jadul yang dibuat tahun 1930.  Karena itu, produksi hariannya sangat terbatas.

     

  • KOPI YANG SEHAT

    Biji kopi mentah biasanya disimpan dahulu untuk menurunkan kadar asamnya.  Asam ini yang biasanya bereaksi pada orang orang yang memiliki masalah lambung.  Rata rata pabrik kopi hanya menyimpan biji kopinya selama 2 hingga 3 tahun sebelum diolah.  Namun di Koffie Fabriek, kopi mentah disimpan minimal selama 5 tahun untuk jenis arabika dan 8 tahun untuk robusta.

    Penyimpanan kopi yang sangat lama ini tentunya menurunkan kadar asam hingga hampir nol.  Jadi bagi anda yang memiliki masalah lambung masih dapat menikmati kopi aroma ini.  jangan khawatir, aroma dan rasa kopi tidak berubah walau kadar asamnya sedikit.

 Itulah beberapa hal yang membuat kopi aroma menjadi primadona kopi di Bandung.  Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai Bandung dan wisata yang bisa anda coba di bandungvanjava.wordpress.com.  Ayo kunjungi Bandung!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s