Ingin Lihat Indahnya Blue Fire? Datang Saja Kesini!

blue fire kawah ijen
Photo via Puchong Pannoi

Apakah anda pernah melihat api berwarna biru selain di kompor?  Jika anda penasaran ingin melihat indahnya api biru, maka anda harus datang ke kawah Ijen Banyuwangi. Dilokasi ini anda bisa menyaksikan blue fire yang tercipta oleh alam secara alami.  Ada apa lagi di tempat wisata ini?  Ayo kita telusuri satu persatu keindahan dari wisata alam yang satu ini.

Kawah Ijen berada di sebuah kawasan Taman Nasional Baluran yang terletak diantara kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.  Di sekitar lokasi sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap.  jadi anda tidak perlu khawatir atau bingung akan menginap dimana jika anda ingin mengikuti paket wisata Banyuwangi.

Tapi sebelum anda terlena oleh imajinasi anda sendiri, ada baiknya anda kenali beberapa hal tentang Ijen Banyuwangi ini.

Siapa sajakah yang akan menikmati keindahan kawah Ijen Banyuwangi?
Pastinya para traveller yang cinta alam, fenomena yang terjadi di alam, dan mereka yang tidak takut dengan ketidakpastian yang bisa diberikan alam. Di tempat wisata ini anda juga akan menyaksikan penambangan belerang yang dapat memberikan pelajaran hidup yang berharga.

Oya, jika anda memiliki masalah pernapasan seperti asma atau mata yang sensitif, sebaiknya anda tidak mengikuti trip ke kaldera.
Anda tidak perlu memiliki keahlian memanjat atau kekuatan fisik yang sempurna. tapi jika anda kehabisan nafas ditengah perjalanan menuju puncak, maka anda hanya akan merasa sedikit kecewa…cuma sedikit.

Seperti apa rasanya perjalanan menuju Ijen?
Anda akan memulai perjalanan pada jam 2 pagi dari base camp. Jalur yang anda tempuh adalah trek menanjak sejauh 4 km. Dengan kecepatan sedang, anda bisa menempuh jarak sejauh itu dalam waktu 1 1/2 jam. yang perlu anda ingat adalah, tidak ada toilet di sepanjang jalan. Jadi jika anda tidak ingin menggunakan “toilet alam”, sebaiknya anda selesaikan “urusan” anda sebelum berangkat.

Setelah tiba di puncak, kini anda harus menempuh perjalanan turun menuju kaldera. Tapi jika anda merasa tidak yakin dengan keamanan trek yang akan anda lalui menuju kaldera, anda masih bisa menikmati indahnya blue fire dari kejauhan. Tapi jika anda turun sedikit, anda bisa menikmati api biru dari area yang datar.

Indahnya api biru ini hanya dapat dinikmati dalam kegelapan saja. Api yang dihasilkan merupakan reaksi antara gas belerang dan udara sekitar. namun bukan hanya api indah ini yang bisa anda nikmati.

danau asam ijen
Photo via Trip Canvas

Lebih jauh kebawah lagi (sebetulnya tidak terlalu jauh sih) anda bisa menikmati keindahan danau asam ketiga terbesar di dunia. Danau ini disebut danau asam, karena airnya yang mengandung asam klorida dan juga asam sulfat. Jadi jangan penasaran untuk menyentuh atau memasukkan tangan anda ke air ya!.

Saat matahari terbit, mulai terlihat aktivitas penambangan belerang. Para penambang yang menggantungkan hidupnya dari hasil tambang ini bisa memberikan anda pelajaran yang berharga. Bagaimana mereka berusaha terus menambang bahan dengan bau tak sedap ini setiap hari. Tapi senyuman terlihat tak pernah lepas dari wajah mereka.

Well, mengunjungi kawah Ijen banyuwangi dan menyaksikan sendiri keajaibannya merupakan pengalaman yang tidak boleh anda lewatkan. So, pack your bag anda let’s go on a hike…!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s